Batik, Warisan Budaya Indonesia

Indonesia adalah Negara yang kaya akan ragam budaya, Salah satunya adalah batik. Batik adalah suatu karya seni yang menggambarkan adat budaya setempat yang direpresentasikan melalui sehelai kain. Teknik pembuatanya pun dibuat secara unik dan khusus, yaitu selembar kain yang dilukis menggunakan malam (wax) cair dengan alat bernama canting, kemudian dicelup pada tinta pewarna. Hampir disetiap daerah di Indonesia memiliki kerajinan batik dengan ciri khas masing-masing.

Pada awalnya, di era modern ini batik kurang mendapat penghormatan yang layak oleh masyarakat Indonesia sendiri. Penggunaan batik sebagai busana, terbatas pada acara-acara formal tertentu seperti acara pernikahan dan acara-acara formal. Sehingga penggunaan batik terkesan kolot, kaku, dan ketinggalan jaman. Terlebih anak muda, lebih memilih mengadopsi budaya luar dalam berpakaian daripada mencintai budaya tanah airnya sendiri.

Kini hal tersebut telah berubah. Popularitas batik sedikit demi sedikit semakin melambung, bahkan populer tidak hanya di Indonesia tapi juga telah merambah ke mancanegara. Lebih dari itu, pada tanggal 2 Oktober 2009 organisasi dunia, United Nation (Perserikatan Bangsa-Bangsa) melalui UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) telah mengakui batik sebagai salah satu mata budaya yang dimiliki Indonesia. Sejak saat itu perkembangan batik semakin meningkat, banyak pihak berkontribusi dalam perkembangan batik yang membuat karya seni tersebut semakin indah, berkualitas dan semakin populer. Motif batik di era sekarang berkembang tidak lagi hanya bernuansa coklat dan gelap, tetapi juga berwarna-warni, dinamis, dan beraneka ragam.

Dapat kita saksikan di kota-kota besar setiap hari jumat karyawan-karyawn diwajibkan menggunakan pakaian batik. Mulai karyawan swasta, pegawai pemerintah, karyawan BUMN dll. Perancang busana juga mulai berani menggunakan batik sebagai bahan kreasinya. Tak heran pakaian batik bisa mencapai harga puluhan juta ditangan pada designer top. Penjualan batikpun tidak lagi hanya ada di daerah kampung-kampung dimana terdapat perajin batik, namun sekarang dapat kita jumpai di mall-mall besar di tanah air, bersanding dengan took-toko branded fashion dari luar negeri.

Batik Tasik

http://www.nagarihardja.com

-andri herdiana-

Tentang andrihaka

Jika tidak terlalu pandai berbicara, belajarlah Menulis...
Pos ini dipublikasikan di The Art of Batik dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s