Nelson Mandela dan Batik Indonesia

Pada 5 Desember 2013 kemarin, dunia ditinggalkan seorang sosok revolusioner yang rendah hati dan bijaksana. Adalah Nelson Mandela, pejuang yang membongkar politik apharteid, system politik yang menempatkan ras kulit berwarna berada di kasta paling dasar dengan hak-hak politik yg dibatasi di Afika Selatan.

Sudah banyak artikel mengulas kisah heroik mengnai sosok Nelson Mandela, sang presiden kulit hitam pertama Afika Selatan ini. saya ingin membahas bagian lain dari sosok yang menghabiskan 27 tahun usianya di penjara ini.

Nelson Mandela terkenal sering mengenakan pakaian batik dalam acara-acara resmi, termasuk pada saat penutupan piala dunia 2010. Perkenalan pertama Mandela dengan batik terjadi pada tahun 1990. Atau beberapa bulan setelah ia dibebaskan dari penjara Pulau Roben. Pada saat melakukaun lawatan pertama ke luar negeri, salah satunya adalah Indonesia. Saat itu pemerintah memberikan baju batik. Dalam pertemuan dengan Presiden Soeharto, Mandela langsung mengenakan batik pemberian pemerintah Indonesia. Sejak itu, presiden ia sering memakai batik.

Apa yang membuat sang president terkesan dengan batik, adalah selain dengan motifnya yang indah penuh dengan filosofi, juga adalah cara pembuatanya. Pembuatan batik mencerminkan kesabaran dan keharmonisan dalam menentukan corak dan warna. Inilah ciri kepribadian Mandela

Popularitas batik di afrika selatan pun mulai terangkat. Awalnya masyarakat tidak ingin menggunakan batik seperti beliau, karena beliau itu tokoh dan masyarakat segan untuk meniru beliau. Namun setelah beliau tidak aktif lagi di kantor presiden, banyak yang mulai tertarik dan menanyakan di mana bisa membeli batik atau mereka menyebutnya “Madiba shirt” dimana madiba adalah nama panggilan untuk Mandela. Kedutaan Besar Indonesia di Afrika Selatan sering mengadakan bazar untuk menampung minat masyarakat terhadap batik ini.

Terlepas dari itu semua, Nelson Mandela adalah seorang pahlawan dunia dengan jasa yang luar biasa bagi peradaban manusia.

http://www.nagarihardja.com

-andri herdiana-

Batik Nelson Mandela

Tentang andrihaka

Jika tidak terlalu pandai berbicara, belajarlah Menulis...
Pos ini dipublikasikan di The Art of Batik dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s