RI Tak Perlu Bikin Roket untuk Jadi Negara Maju, Cukup Kembangkan Batik

Indonesia memerlukan upaya keras untuk dapat lolos dari jebakan negara berpenghasilan menengah atau middle-income trap. Cara yang dibutuhkan untuk menyusun itu adalah dengan inovasi dan teknologi.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, inovasi dan teknologi bukanlah soal bagaimana Indonesia dapat memproduksi roket dan pesawat canggih lainnya. Tapi bisa menggunakan cara yang lebih sederhana.

“Indonesia kalau mau naik kelas, maka tekankan pada inovasi dan teknologi. Tapi Jangan bayangkan kita produksi roket apollo dan pesawat canggih. Kita bisa cari yang lain,” ungkapnya dalam seminar Internasional di Hotel Hyat, Nusa Dua, Bali, Kamis (12/12/2013)

Menurutnya, negara ini bisa memanfaatkan kekuatan dari kearifan lokal seperti batik. Batik tentu saja bukan hanya sebuah kain, tapi lebih dari itu, Chatib menilai ada esensi filosofi budaya di dalamnya.

“Mulai produksi batik, tenun, artinya kita masuk pada produk yang tetap menjaga nilai-nilai kenegaraan,” terangnya.

Ia menyatakan pasar dari batik itu akan selalu ada. Apalagi melihat kondisinya saat ini, di mana kelas menengah di Indonesia mampu dan ingin membeli batik dengan harga yang lebih mahal.

“Sekarang kelas menengah meningkat itu membawa dampak positif. Orang-orang mulai ada keinginan untuk membeli batik dengan harga yang lebih mahal,” ujar Chatib.

Artinya, pengusaha di sektor ini dapat memproduksi batik dengan penuh inovasi tanpa harus menurunkan harga. Karena pembelinya akan selalu ada. “Jangan khawatir, market-nya akan selalu ada,” sebut Chatib.

Batik Tasik

Batik Tasik

 Foto: koleksi Pribadi

dikutip dari : Maikel Jefriando – detikfinance

Tentang andrihaka

Jika tidak terlalu pandai berbicara, belajarlah Menulis...
Pos ini dipublikasikan di The Art of Batik dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s