Tips Memilih Batik Yang Tepat

Ragam batik terus berkembang seiring dengan terus naiknya popularitas batik di tanah air. Ditunjang dengan peningkatan kualitas SDM, Kini batik tidak hanya sebatas digunakan pada acara pernikahan atau acara formal yang berkesan kolot, namun juga digunakan untuk kegiatan yang lebih kasual dan berkesan modern.

Lantas bagaimana memilih batik yang tepat agar selalu tampil necis, mari kitan simak tips-tips berikut:

  1. Acara pernikahan/pelantikan/wisuda

Dalam acara sangat formal seperti ini, untuk pria dapat menggunakan batik berlengan panjang, dan untuk wanita lebih disarankan menggunakan model dress batik panjang maupun pendek. Motif yang digunakan bisa dipilih yang lebih konservatif atau tradisional dengan warna-warna dominan gelap seperti coklat, abu-abu, hitam dll. Ada baiknya batik yang digunakan adalah batik dengan motif tulis, walaupun terbilang cukup mahal namun sangat layak untuk dimiliki. Ingatlah bahwa anda berpenampilan bagus, bukan hanya untuk diri anda sendiri namun juga untuk orang-orang disekitar anda. Terlebih acara seperti ini sangat bersifat sakral bagi pemilik acara, dan kita harus menghormatinya.

Batik Tasik Formal

Batik Tasik Formal

 

  1. Batik Kantor

Untuk batik yang digunakan bekerja dikantor, bisa memilih motif dan model smart casual. Untuk pria, kemeja batik berlengan pendek, sedangkan untuk wanita bisa lebih variatif dengan model blouse, dress pendek, blazer, bolero dll. Dari sisi motif, bisa menggunakan motif apapun, namun ada baiknya memilih motif dengan warna-warna cerah, sehingga berkesan dinamis dan kasual. Perlu menjadi catatan, jumlah batik kantor yang anda miliki. Seorang karyawan kantor umumnya memiliki 3 – 6 potong pakaian batik. Apabila batik yang anda miliki kurang dari 3 akan membuat anda terlihat memakai batik yang itu-itu saja. Perlu diingat walaupun hanya digunakan setidaknya seminggu sekali, namun karena bermotif sangat khas akan sangat mudah untuk dikenali oleh rekan sekerja anda.

Anda juga harus pandai memilih koleksi batik kantor yang anda miliki. Ada baiknya koleksi pakaian batik kantor anda cukup variatif dari sisi warna, motif, maupun model baju. Apabila sudah memiliki warna coklat, maka yang lain berwarna biru, hijau, merah dll. Apabila satu batik anda dari solo, maka yang lainya bsa menggunakan motif Madura, Cirebon, pekalongan, tasik dll, apabila anda sudah memiliki model blouse, maka yang lain modelnya dress, blazer, dll.

Batik Kantor

Batik Kantor

  1. Acara-acara semi formal

Untuk acara-acara semi formal seperti pertemuan keluarga, syukuran, silaturahmi, acara ulang tahun dll, dapat menggunakan pakaian batik yang lebih kontemporer, dengan motif yang ringan dan variasi/aplikasi/kombinasi yang sesuai dengan trend yang sedang berjalan. Dipadu dengan bawahan kasual seperti jeans, chino, dll. Dewasa ini pakaian beraksen etnik Indonesia mulai mendapat tempat di kalangan anak muda, seiring dengan mulai maraknya desaigner-designer muda berbakat menggunakan material etnik dalam karya-karyanya seperti batik, tenun ikat, tenun bali dll.

 

Batik Kasual

Batik Kasual

Cara anda berbusana mencerminkan siapa diri anda, kita tidak bisa mengenali kedalam diri seseorang tanpa melewati luarnya terlebih dahulu.

 

Semoga bermanfaat😉

 

Kunjungi kami di Nagarihardja.com

 

Tentang andrihaka

Jika tidak terlalu pandai berbicara, belajarlah Menulis...
Pos ini dipublikasikan di The Art of Batik dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s